Tips Merawat Kain Silk Agar Awet | kainmu.com
True

Tips Merawat Kain Silk Agar Awet
Kain Silk

Apa itu Kain Silk?

Kain silk populer dengan kehalusan, kelembutan, dan kilap pada kainnya sehingga banyak diaplikasikan ke berbagai macam pakaian bahkan bisa dijadikan dekorasi dan penunjang perabotan rumah tangga. 

Selain harganya yang mahal, karakteristik kain silk yang halus dan lembut maka dibutuhkan perawatan ekstra sehingga dapat menjaga pakaian berbahan kain silk agar tetap awet dan tidak mudah rusak. 

Untuk itu Kainmu akan membahas cara merawat pakaian dari kain silk yang dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 


Cara Perawatan Kain Silk
  • Pisahkan pakaian yang akan dicuci
    Sebelum mencuci pakaian sangat penting untuk dipisahkan terlebih lagi untuk pakaian berbahan silk. Kalian dapat memisahkannya berdasarkan jenis dan juga warna kainnya. Hal ini dilakukan guna menjaga agar tidak luntur karena pada dasarnya kain silk merupakan kain dari bahan organik yang ketahanan warnanya lebih minim dibandingkan kain yang berasal dari bahan sintetis.
  • Cuci menggunakan tangan
    Mencuci kain silk tidak bisa sembarangan, penggunaan mesin pencuci akan merusak serat-serat dari kain silk yang sangat halus dan lembut. Maka dari itu mencucinya dengan menggunakan tangan satu persatu sangat diperlukan.
  • Cuci dengan air dingin
    Warna pada kain jenis apapun akan memudar seiring waktu, terutama pada kain yang berasal dari bahan organik seperti kain silk. Kain yang berasal dari bahan organik akan lebih cepat memudar. Mencuci dengan air dingin akan mengurangi resiko pemudaran warna pada kain dibandingkan dengan menggunakan air hangat.
  • Gunakan deterjen yang sangat lembut atau sampo
    Sebenarnya penggunaan deterjen sangat tidak disarankan untuk mencuci kain silk karena dapat merusaknya. Sehingga untuk pemakaian deterjen kalian bisa memilih yang komposisinya tidak keras. Bahkan akan lebih baik jika mencucinya menggunakan sampo. Kain silk memiliki kesamaan dengan rambut manusia yang tersusun atas protein-protein. Untuk itu penggunaan sampo sangat disarankan.
  • Menghilangkan noda
    Untuk menjaga kain silk agar dalam keadaan yang baik, maka perlu membersihkan kotoran yang ada pada kain agar tidak menetap dan membekas. Cukup semprotkan larutan pembersih ke area yang kotor dan gosok secara perlahan dan lembut hingga noda menghilang. 
  • Hindari pemakaian mesin pengering
    Penggunaan mesin pengering dapat menyebabkan kain berubah bentuk, tekstur, dan ukuran. Setelah mencuci pakaian berbahan silk dengan menggunakan sampo atau deterjen lembut, bilas dengan air dingin kemudian peras secara lembut  lalu kibaskan agar tidak kusut dan ratakan permukaannya. Untuk mengeringkannya dapat dijemur secara manual dan tidak terkena sinar matahari langsung.


Apa itu Kain Woven?
Mengenal Kain Woven Lebih Dalam

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.